Penerapan Metode Seo On Page dan Off Page

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest

Sebelum kita membahas bagaimana cara penerapan metode Seo On Page dan Seo Off Page, sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan kedua istilah tersebut.

Pengertian Seo On Page dan Seo Off Page

Seo on Page merupakan suatu cara optimasi Seo yang dilakukan dalam pembuatan sebuah konten, baik itu artikel maupun produk yang akan dipublikasikan. Langkah ini bersifat internal dan fokus pada konten yang akan dibuat agar lebih berkualitas dan mudah dipahami baik oleh robot penelusur maupun pembaca artikel tersebut.

Sedangkan Seo Off Page adalah cara penerapan Seo yang dilakukan diluar konten atau artikel dalam website, metode ini biasa berhubungan dengan kualitas backlink yang masuk ke website, terkadang banyak yang memahami sebagai link building atau menaruh jejak dibeberapa situs dengan kualitas baik dan nice yang tepat dengan artikel atau tujuan website itu sendiri.

Cara Penerapan Seo On Page

Untuk penerapan Seo On Page sebenarnya cukup mudah yaitu kita hanya perlu membuat sebuah konten yang berkualitas dan menerapakan Seo tertarget, kita bisa menggunakan beberapa plugin yang dapat menghitung seberapa Seo Friendly konten yang akan dipublikasikan.

Baca : 5 Plugin Seo Wajib Untuk Website WordPress

Penerapan Permalink yang mudah dan Seo Friendly tentunya menjadi langkah pertama yang wajib anda terapkan dalam website agar artikel yang kita tulis terlihat berkualitas. Untuk penerapannya anda bisa melihat tulisan dari tim seowebpress sebelumnya dengan judul Mengatur Permalink WordPress Seo Friendly.

Adapun untuk konten yang berkualitas, kita bisa menerapkannya dengan mengikuti tahapan berikut:

  1. Buatlah Judul Konten Yang Menarik Dengan Panjang Karakter Tidak Lebih dari 60 karakter dan tidak kurang dari 40 karakter.
  2. Pastikan konten memiliki gambar atau video dengan deskripsi dan judul media sesuai dengan keywords atau judul konten tersebut.
  3. Optimasi ukuran gambar dan video agar load website tidak lambat sehingga membuat pengunjung gagal membaca isi artikel.
  4. Gunakan Heading dan Sub Heading pada setiap konten seperti H1, H2, H3 dan H4, penerapan bisa dengan H1 untuk judul, H2 untuk Sub Artikel dan H3 untuk Link Related. Bisa anda manfaatkan sesuai keinginan dan pastikan pemebrian label Headring tersebut terlihat alami.
  5. Usahakan menuliskan kutipan atau excerpt yang menargetkan pada focus keyword atau dengan membuat paragraph pertama dengan focus keywords sesuai konten.
  6. Pastikan terdapat Internal Link dan Eksternal Link pada setiap konten yang anda tulis.
  7. Tambahkan Tombol Share ke Media Sosial
  8. Percepat loading website dengan meminimalisir penggunaan css dan javascript yang berlebih
  9. Maksimalkan panjang konten dengan memastikan setiap artikel minimal terdapat 400 kata.

Cara Penerapan Seo Off Page

Link-building-dalam-menerapkan-seo-off-page.jpg

Dalam penerapan Seo Off Page, ada beberapa metode yang bisa kita gunakan diantaranya:

Link Building

Link Building merupakan faktor wajib dalam memabangun Seo Off Page, akan tetapi dalam penggunaanya kita haruslah berhati-hati karena jika hal ini melanggar aturan dalam penerapannya, maka Link tersebut akan dianggap spam dan penalti dari Google.

Page Rank

Page Rank tidak lepas dari Link Building yang berkualitas dengan menempatkan Link menuju konten atau website kita pada situs yang memiliki reputasi dan nice atau tujuan yang sama, sehingga mesin penelusur menganggapnya sebagai Link berkualitas untuk meningkatkan Rangking situs tersebut. Kita bisa memanfaatkan beberapa pengecekan Pagerank seperti checkpagerank.net

Gunakan Link Do Follow dan No Follow

Tidak banyak penjelasan terbaik yang menerangkan kapan kita harus menggunakan Do Follow dan kapan menggunakan No Follow, yang pasti penerapan kedua metode link ini sangat berpengaruh terhadap trafik dan authority website.

Bagikan Ke Media Sosial

Usahakan setiap artikel yang anda tulis ter-publish di beberapa media sosial agar mendapatkan trafik kunjungan dari luar yang lebih berkualitas.

Penutup

Sebenarnya masih banyak lagi cara penerapan Seo On Page dan Seo Off Page yang bisa kita gunakan, akan tetapi dengan hanya menerapakan langkah-langkah tersebut diatas, konten anda sudah dapat memperoleh skor antara 80-90 dalam penerapan Seo Friendly dan sudah cukup bagus untuk peningkatan trafik ke situs anda.

Selamat mencoba, dan silakan berbagi di komentar jika ada teknik lain dalam menggunakan metode terkait Penerapan Metode Seo On Page dan Off Page.

Share this post with your friends

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *